+62 8111 668 632

Child 1

Membangun Taman Mini di Rumah Minimalis

by Andri
Dec , 27

Anda pasti sangat menginginkan taman pribadi di rumah untuk bisa memberikan tampilan rumah yang terlihat segar serta menaikan semangat Anda kan? Selain itu, taman juga merupakan tambahan paru-paru untuk Anda dan keluarga. Menyejukan serta memberikan kenyamanan tersendiri untuk Anda yang memiliki rutinitas bertemu dengan macetnya jalan raya dan polusi yang terus meningkat. Taman menjadi salah satu penyelamat untuk paru-paru dan kesehatan jiwa.

Namun seringkali banyak orang yang tidak bisa memiliki taman di rumah masing-masing dikarenakan alasan lahan yang kurang dan sebagainya. Ada juga yang beralasan memiliki anak kecil sehingga memiliki taman akan menambah kericuhan di dalam rumah, yang mayoritas anak-anak memiliki pemikiran bermain sehingga taman yang Anda buat akan terancam rusak bila anak-anak main di area taman tersebut.

Tapi tahukah Anda, bahwa memiliki area taman dirumah bisa dilakukan dimana saja. Baik di luar ruangan, atau juga di dalam ruangan. Anda yang memiliki lahan lebih dirumah bisa menggunakan lahan tersebut untuk membuat area taman yang luas dengan beragam varian tanaman. Namun bila Anda memiliki lahan minimalis, bisa juga membuat area taman di dalam rumah. Posisikan sedekat mungkin dengan spot Anda bersantai di rumah. Seperti ruang tengah atau ruang keluarga misalnya, dan membuat area taman pun tidak perlu terlalu besar dan menggunakan varian pohon yang bisa tetap hidup di dalam ruangan.

Kenapa Anda butuh area taman selain karena kenyamanan dan kesehatan? Karena dengan memiliki area taman di rumah, akan meningkatkan tingkat estetika rumah Anda juga loh. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mulai membuat area taman pribadi di rumah?

Nah berikut beberapa tips untuk membangun taman mini di rumah minimalis Anda!

1. Gunakan Tanaman Yang Sesuai

Pemilihan jenis tanaman untuk area taman mini Anda merupakan alasan yang cukup penting. Beberapa pertimbangan dalam memilih jenis tanaman adalah belilah tanaman yang sesuai, tidak terlalu banyak, sesuaikan dengan luas area yang akan Anda gunakan sebagai area taman mini. Kemudian pertimbangan lainnya adalah pilihlah jenis tanaman yang ukurannya sesuai, sesuai dengan area taman, sesuai dengan dompet Anda. Jangan paksakan menggunakan tanaman yang besar bila area taman mini Anda tidak mencukupinya. Dan jangan beli jenis tanaman yang terlalu mahal bila ada kemungkinanAnda tidak terlalu bisa mengurus tanaman.

Memiliki area taman di rumah yang ditanami tanaman-tanaman indah akan sangat bermanfaat untuk Anda yang memang memiliki hobi bercocok tanam. Gunakan imajinasi Anda untuk penggunaan bunga dengan kombinasi tanaman-tanaman hias atau bahkan sayuran untuk mengisi area taman rumah Anda. Dan jangan lupa untuk menggunakan bunga atau tanaman-tanaman hias dengan beragam warna agar tidak monoton dan lebih enak dipandang.

2. Pikirkan Kembali Luas Area Yang Akan Digunakan

Luas area menjadi hal yang paling utama untuk Anda rencanakan untuk membuat area taman. Definisi beruntung adalah jika Anda memiliki area yang cukup luas untuk membuat area taman bisa dikembangkan menjadi area taman bermain juga untuk anak-anak atau sanak saudara saat berkumpul di rumah Anda. Namun bila ternyata hanya ada area sempit untuk dijadikan taman, jangan menyerah ya. Karena Anda bisa menggunakan tanaman-tanaman kecil agar efisien dan tetap menyenangkan di rumah minimalis. Gunakan pipa susun atau juga menggunakan rak-rak kayu bertingkat untuk meletakan berbagai tanaman-tanaman hias, bunga, atau sayuran di area taman mini.

3. Pikirkan kembali Tata Letak Taman Mini di Rumah Minimalis Anda

Tata letak taman mini di rumah minimalis Anda harus sangat diperhitungkan. Keberhasilan letak taman mini di rumah minimalis Anda bergantung pada luasnya area yang akan digunakan serta posisinya. Dekatkan dengan jendela atau atap terbuka agar bisa terkena matahari secara langsung sehingga tanaman-tanaman yang Anda gunakan bisa tetap hidup.

4. Tentukan Tema Taman Mini Kamu

Teman taman mini merupakan alasan penting juga dalam proses pembuatan area taman mini di rumah minimalis. Langkah mudahnya adalah dengan menyesuaikan dengan tema rumah itu sendiri. Bisa dengan tema modern, atau juga bisa menggunakan tema rustic yang pasti bikin Anda nyaman dengan kealamian-nya. Atau juga bisa menggunakan tema tropis, atau bahkan tradisional. 

Jika area taman mini Anda terbatas, maka gunakanlah tema yang sesuai dengan luas area yang tersedia. Idealnya, rumah minimalis bisa menggunakan tema modern di area taman mininya dengan cara digantung atau ditanam dalam pipa-pipa yang telah disusun secara rapi agar terlihat cantik dan segar. Jangan lupa untuk menggunakan living wall di posisi yang terkena sinar matahari agar lebih terlihat alami.

5. Yang Tak Kalah Penting, Perhatikan Drainase

Drainase juga merupakan faktor penting untuk taman mini di rumah minimalis Anda loh. Karena dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk membersihkan atau membuang sisa-sisa penyiraman untuk tanaman hias, bunga, atau sayur yang Anda gunakan. Karena pada dasarnya, apabila drainase yang dimiliki itu bagus, makan semua tanaman hias, bunga, atau sayur yang Anda gunakan di area taman mini bisa bertumbuh dengan subur. Jangan lupa untuk menggunakan media menanam yang bagus dan baik ya.

Karena apabila media menanamnya terlalu kering akan cepat mematikan tanaman-tanaman Anda. Begitu juga dengan media menanam yang terlalu basah juga bisa membuat tanaman-tanaman tersebut lebih cepat membusuk bisa terus-menerus terendam air. Sama seperti bagian-bagian tubuh, bilamana terendam air secara terus-menerus akan mulai membusuk kan.


Bagi Anda yang mau langsung konsultasi atau meminta bantuan Sesby, langsung hubungi Sesby di +628111-668-632, atau email ke info@sesby.com, atau langsung kunjungi Sesby di Jatibening, Estate C1/07, Bekasi untuk konsultasi atau pembuatan taman mini di rumah minimalis paling segar di rumah Anda.

Related Post :

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *