+62 8111 668 632

Child 1

Dasar Memilih Jasa Konstruksi

by Andri
Dec , 27

Mencari kontraktor atau borongan untuk membangun rumah memang mudah-mudah sulit. Mudah karena dapat menemukan banyak penjual jasa borongan atau kontraktor saat ini, namun sulitnya adalah menemukan kontraktor atau borongan yang berkualitas. Hal tersebut harus menjadi perhatian utama Anda sebelum menentukan siapa yang akan bertanggung jawab pada pembangunan atau renovasi rumah idamanmu. Pada dasarnya saat kita berencana untuk membangun atau merenovasi rumah, pasti menginginkan proses yang terorganisir dengan baik, kualitas yang bagus agar penyelesaian pembangunan atau perenovasian rumah dapat selesai sesuai rencana sehingga tidak perlu mengeluarkan dana tambahan karena harus membayar pekerja lebih lama.

Tapi, tak ayal yang akhirnya tidak dapat memenuhi ekspektasinya tersebut karena kesalahan memilih jasa kontraktor atau borongan yang berimbas pada pengerjaan dan penyelesaian dari pembangunan atau perenovasian rumah Anda. Banyak yang akhirnya memilih untuk menggunakan jasa pemborong dengan di bawah pantauan diri sendiri agar hasil sesuai dengan rencana dan keinginan. Namun akhirnya memakan waktu serta tenaga diri sendiri, sebuah konsekuensi yang harus ditanggung.

Nah disini Sesby akan memberikan beberapa pedoman yang bisa menjadi acuan dalam memilih jasa kontraktor atau borongan dalam pembangunan atau perenovasian hunian Anda.

1. Utamakan Pilih Kontraktor Terlebih Dahulu

Kontraktor sama halnya dengan Wedding Organizer ataupun Event Organizer. Untuk Anda yang sudah pernah menggunakan atau bekerja sama dengan WO ataupun EO pasti mengerti kenapa kontraktor serupa dengan WO ataupun EO.

Ya, sama seperti WO dan EO, Kontraktor biasanya banyak bekerja sama dengan banyak pihak baik dalam penggunaan material bahan untuk pembangunan atau perenovasian rumah, penggunaan mebel untuk interior rumah. Dan biasanya, para pihak ini akan memberikan harga spesial karena rekomendasi dari kontraktor tersebut, sehingga Anda pun bisa mendapatkan mebel ataupun material yang lebih murah dengan kualitas yang sama bagusnya. Sisi lainnya, akan ada sinkronisasi dari kontraktor dan pihak lain dalam membuat desain terbaik untuk rumah Anda. 

Maka dari itu, memilih kontraktor sebelum membuat desain adalah langkah tepat. Karena Anda tidak perlu membuang banyak tenaga dan waktu untuk desain awal yang mungkin bisa saja berubah nantinya. Jadi, pilihlah terlebih dahulu kontraktor dengan seksama yang terbaik, kemudian duduk bersama dengan pihak-pihak lainnya yang terlibat untuk merencanakan dan merancang apa saja yang dibutuhkan untuk menjadikan rumah mu sebagai hunian Idaman

2. Kontraktor Di Bawah Kekuatan Hukum

Apakah Anda pernah tertipu dengan investasi bodong? Atau bahkan dibohongi teman lama yang pinjam uang atau barang namun tidak bisa ditagih? Ya, karena tidak ada dasar hukum yang digunakan. Begitu juga untuk proses pembangunan atau perenovasian rumahmu. Apabila Anda memilih jasa konstruksi atau pemborong, haruslah yang tunduk kepada hukum Indonesia. Kenapa? Karena tidak ingin bukan, saat proses pembangunan atau perenovasian rumah, kontraktor kabur atau tidak menyelesaikan kewajibannya? Maka dari itu, pastikan jasa kontraktor yang Anda pilih tunduk kepada hukum. 

3. Tanya Rekomendasi Sahabat, Kerabat, Keluarga

Anda pasti memiliki sahabat, kerabat, atau keluarga yang pernah atau sedang melakukan pembangunan atau perenovasian rumah. Nah kenapa tidak tanya kepada mereka saja, jasa kontraktor atau borongan yang mumpuni dan bisa mengakomodir keinginan serta kebutuhanmu di rumah. Terlebih, jika ternyata penyedia jasa kontraktor itu ternyata bisa memberikan benefit untuk Anda sebagai kelanjutan proyek yang mereka dapatkan setelah menangani proyek pembangunan atau perenovasian dari teman, kerabat, atau keluarga.

4. Buat List Pertanyaan Saat Pitching

Ajukan beberapa pertanyaan standar sebelum memilih kontraktor atau pemborong dan analisa hasil yang paling mendekati kebutuhan Anda dalam pembangunan atau perenovasian rumah. Karena ada kalanya, para penyedia jasa konstruksi ini berbeda-beda dalam menangani suatu masalah sehingga dapat mendapatkan hasil yang berbeda juga. Termasuk dalam pemilih material, kendala dalam pembangunan lainnya bisa menjadi tantangan Mitran untuk para penyedia jasa konstruksi tersebut dalam membangun atau merenovasi rumah Sesby.

5. Cari Tahu Ciri Khas

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan serta kekurangan, termasuk para penyedia jasa konstruksi ini. Kelanjutan dari pertanyaan standar yang Anda ajukan sebelumnya, akan menghasilkan suatu ciri khas dari tim kontraktor yang berbeda satu dengan lainnya. Pilihlah sesuai kebutuhanmu ya.

6. Cermat Pada Rincian Harga

Hati-hati juga dalam memilih jasa konstruksi, karena banyak penyedia jasa konstruksi yang nakal dengan memainkan harga serta memanipulasi rincian harga. Maka dari itu, cermat dengan rincian biaya yang diajukan para penyedia jasa konstruksi agar tidak dirugikan oleh para penyedia jasa konstruksi ini.

7. Periksa Portfolio

Seberapa penting portofolio untuk Anda? Sama seperti bekerja, portofolio akan Anda cantumkan dalam CV bukan? Sama halnya dengan para penyedia jasa konstruksi, mereka pasti pernah melakukan pekerjaan pembangunan atau perenovasian rumah sebelumnya dan bisa menjadi portofolio yang bisa Anda gunakan sebagai alat pertimbangan memilih penyedia jasa konstruksi.

8. Cek Garansi

Kesempurnaan hanya milik Tuhan. Maka dari itu, meskipun rumah baru, tetap memiliki risiko untuk rusak atau pemasangan yang salah sehingga akan membuat Anda kerepotan. Karena itu, tanyakan pada penyedia jasa konstruksi tersebut garansi untuk pembangunan atau perenovasian rumah Anda mencangkup apa saja dan berapa lama.
Demikian beberapa pedoman yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih penyedia jasa konstruksi untuk wujudkan rumah idaman Anda. Bila belum mendapatkan penyedia jasa konstruksi, langsung hubungi Sesby di +628111-668-632, atau email ke info@sesby.com, atau langsung kunjungi Sesby di Jatibening, Estate C1/07, Bekasi untuk rumah impian Anda.

Related Post :

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *